Kamis, 29 November 2012

Cara Memegang Kamera slr Dengan Baik


Cara Anda dalam memegang kamera SLR merupakan teknik paling dasar dalam belajar fotografi. Apakah Anda pernah merasa bahwa foto Anda kadang-kadang buram atau bahkan merasa tangan Anda sangat lelah setelah beberapa lama memotret? Ini mungkin salah satu penyebab dari tidak tepatnya cara memegang kamera SLR.
Cara memegang kamera SLR Anda dengan benar sangat penting, agar mendapatkan sebuah pegangan yang kuat dan stabil. Tanpa pengetahuan yang tepat mengenai hal ini, Anda mungkin berpotensi mengalami guncangan kamera yang memberikan hasil foto yang kurang fokus. Sejujurnya, ini bisa sangat menjengkelkan, terutama ketika memotret di dalam ruangan atau dalam kondisi cahaya rendah (tanpa tripod atau flash tentunya) di mana shutter speed-nya lebih lambat.
Saya menganggap belajar cara memegang kamera SLR dengan benar sangat penting selain belajar tips fotografi dan teknik lainnya. Memang terlihat sepele, tetapi tidak ada gunanya menerapkan segala macam teknik untuk foto Anda, yang kemudian menghasilkan sebuah  gambar yang buram. Juga, tidak dapat dihindari bahwa Anda akan terlihat lebih profesional ketika Anda memegang kamera SLR dengan cara profesional. Hal terburuk adalah memegang kamera SLR seperti Anda mengambil foto menggunakan kamera compact atau pocket.
Selalu ingat bahwa tangan kiri merupakan tangan pendukung, terlepas dari apakah kita pakai dalam format potret atau lanskap. Dengan bagian bawah kamera SLR Anda bertumpu pada telapak tangan kiri Anda. Trik di sini adalah siku kiri Anda dilipatkan dekat dengan badan Anda untuk dukungan tambahan. Dengan melakukan ini, Anda sudah menciptakan dukungan yang baik dan kokoh untuk kamera Anda tanpa tangan kanan.
Selanjutnya, Anda hanya perlu memastikan bahwa Anda memiliki pegangan yang nyaman pada hand grip kamera dengan tangan kanan Anda. Putarlah kamera Anda ke arah kiri atau kebalikan arah jarum jam saat beralih dari format lanskap ke potret. Ingatlah, bahwa telapak tangan kiri Anda akan selalu bertindak sebagai pendukung.
Trik lain adalah untuk melilitkan  tali kamera Anda di sekitar tangan kanan Anda untuk dukungan tambahan. Trik Ini adalah kebiasaan yang baik untuk selalu terus diterapkan, alasannya adalah agar kamera anda tidak terjatuh, bahkan jika Anda melepaskan kedua tangan.
Dengan memegang kamera SLR anda dengan benar dan tepat, maka secara otomatis akan memberikan anda hasil foto yang lebih fokus dan bagus apalagi jika ditambahkan dengan beberapa teknik lainnya.


sumber:http://teknikfotografi.org/cara-memegang-kamera-slr-dengan-benar/

5 komentar:

  1. waw ternyata ada triknya juga ya :o

    BalasHapus
  2. waahh sangat membantu sekali :)

    BalasHapus
  3. Waa pengetahuan baru bagi sayaa terimakasi infonya

    BalasHapus
  4. thanks for the info, pro!

    BalasHapus
  5. egangnya harus gitu ya.........makasih infonya hihi

    BalasHapus